angpao lebaran

Angpao Lebaran Sebagai Sarana Mendidik Anak untuk Kelola Uang Sendiri

Berita Pendidikan Panduan Serba-Serbi Tips dan Trik

Libur hari raya Idul Fitri atau Lebaran tentunya menjadi yang sangat spesial bagi banyak orang. Melakukan perjalanan mudik dan berkumpul dengan keluarga besar pastinya menjadi momen yang sangat dinantikan setiap tahunnya.

Bagi masyarakat Indonesia di waktu spesial saat Lebaran biasanya digunakan untuk melakukan tradisi seperti bersilahturahmi ke rumah kerabat atau keliling komplek untuk bermaaf-maafan. Namun ada satu tradisi lagi yang tidak bisa kita lupakan yaitu memberikan angpau kepada anak-anak.

Tradisi anak menerima angpau saat Lebaran rupanya bisa sangat bermanfaat bagi orang tua yang ingin belajar cara mendidik anaknya untuk mengelola keuangan sejak dini.

Pasalnya mengelola uang memang bukan perkara yang mudah dan sebaiknya sudah diajarkan oleh orang tua sejak anaknya masih kecil.

 

Angpao Lebaran dijadikan Media Mengelola Uang Lebih Mandiri

Saat ini masih banyak ditemukan remaja atau bahkan orang dewasa yang masih sering kesusahan untuk mengelola keuangannya. Hal itu bisa berakibat fatal karena bisa membuat kita sangat boros. Oleh karena itu, pendidikan mengelola uang kepada anak harus dilakukan sejak dini.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dimanfaatkan dalam orang tau dalam mendidik anak ketika mendapatkan uang angpau.

 

1 Selalu Menemani Anak Saat Berbelanja

Saat anak mendapatkan angpau Lebaran kemungkinan besar ia akan membelanjakannya untuk membeli mainan. Hal itu sebaiknya jangan dilarang tapi orang tua harus selalu menemani mereka saat membelanjakan uangnya.

Sebelum si kecil berbelanja dengan uang tersebut, sebaiknya orang tua memberikan arahan terlebih dahulu. Nasehati mereka agar tidak boros saat membelanjakan uang yang dimilikinya.

Selain itu, jangan lupa untuk memberitahu mereka berapa budget yang boleh digunakan untuk membeli mainan dan berjanji tidak boleh menggunakan uangnya lebih dari yang sudah disepakati.

 

2 Ajarkan Anak Gunakan Uang Sesuai Kebutuhan

Menggunakan uang secara bijak memang terdengar mudah, tapi sebenarnya hal itu cukup sulit dilakukan, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Namun jika kebiasaan menggunakan uang secara bijak sudah diajarkan sejak masih kecil, hal tersebut bisa sangat membantu anak untuk lebih bijak menggunakan uanganya.

Beritahu mereka untuk menggunakan uangnya hanya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya mereka ingin membeli mainan, padahal baru saja membeli mainan lainnya, orang tua harus berani melarang.

Berikan penjelasan agar mereka tahu bahwa uang tidak mudah didapatkan sehingga penggunaannya haruslah sesuai kebutuhan saja.

 

3 Ajak anak untuk rajin menabung

Angpau Lebaran yang diterima anak juga harus disisakan untuk menabung. Momen ini sangat tepat untuk mengajari anak betapa pentingnya menabung.

Jelaskan kepada mereka bahwa menabung bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa depan seperti untuk membeli mainan atau barang lain yang diinginkannya.

Mungkin mengajak anak menabung untuk pertama kalinya cukuplah susah. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti membelikan celengan yang lucu agar mereka excited untuk menabung. Selain membelikan celengan, anda juga bisa langsung membukakan rekening di bank sebagai tempat mereka menabung.

4 Tanamkan Jiwa Wirausaha pada Anak

Menanamkan jiwa wirausaha kepada anak sejak kecil juga akan membantunya untuk lebih mandiri dan membelanjakan uang. Meskipun terdengar cukup sulit, tapi memberikan pendidikan untuk melakukan wirausaha kepada anak sangat patut dicoba.

Ajak mereka membuat sebuah kerajinan yang disukai, kemudian ajari bagaimana cara memasarkan kerajinan tersebut kepada teman-temannya. Namun dalam proses tersebut, jangan sampai lupa untuk selalu mengawasi dan mendampingi mereka ya.

Mengajari anak untuk mengelola uang sejak dini mungkin menjadi tantangan bagi setiap orang tua. Akan tetapi hal itu sangat mungkin dilakukan apalagi saat si kecil sedang semangat karena mendapatkan angpau Lebaran.